Nyeri kepala dan pusing setelah kehujanan

Info Penanya, pria 24 Tahun

Hallo dok, saya mau nanya, setiap kepala saya kena basah kena hujan atau basah kena keringat saya sering ngalamin sakit kepala, pusingnya kayak kemasukan air, dan kadang telinga suka berbunyi, saat sakit kepala selalu disertai dengan pilek. Kira2 kenapa yang dok

27 May 2019, 17:43 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri kepala dan pusing setelah kehujanan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Belum ada penelitian yang menjabarkan hubungan sakit kepala dan pusing yang ditimbulkan akibat paparan air hujan. Namun bagaimana pun, dari penelusuran reaksi dan mekanisme tubuh dapat ditarik rantai asumsi yang logis. Berikut ini adalah kemungkinan paling kuat dari pencetus sakit kepala dan pusing akibat paparan air hujan:

1. Perubahan Suhu Tubuh yang Mendadak

Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal inilah yang membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala. Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

2. Infeksi

Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

3. Kandungan di Air Hujan

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

Disarankan untuk menggunakan pakaian pelindung selama anda akan menerobos hujan atau sedang memiliki risiko terkena air terus menerus.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri kepala dan pusing setelah kehujanan. Semoga bermanfaat. Salam

27 May 2019, 17:43 WIB