Terlambat Haid Sejak Pakai KB

Info Penanya, wanita 19 Tahun

permisi dok.. maaf mau nanya, jadi saya terakhir mens tanggal tanggal 18 april 2019, dan sekarang udah tanggal 27 mei 2019 dan saya masih juga belum mens. saya sudah minum pil tuntas tapi belum juga mens, yang saya pikirkan hanya hormon saya terganggu karena 2 thn sebelumnya juga demikian. dan memang pola hidup saya sedikit tidak sehat, makan tidak teratur, kurang tidur, tidak olahraga.. mohon penjelasan nya dok, terima kasih..

28 May 2019, 12:25 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan seputar telat haid dengan pil KB menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda

Penyebab telat haid paling sering adalah kehamilan. Bila Anda riwayat bersenggama sebelumnya sebaiknya Anda periksa kehamilan. Meskipun Anda sedang mengkonsumsi KB. KB tetap memiliki angka ketidakberhasilan apapapun metodenya.

Selain kehamilan, telat haid dapat disebabkan oleh beberapa hal. Siklus haid memang dapat maju dan mundur. Umumnya pada remaja, telat haid disebabkan oleh gangguan hormonal. Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletGangguan hormon tiroidDan lain sebagainyaSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Pil KB berisikan hormon yang tentu mempengaruhi status hormon dalam tubuh. Satu hal yang penting, sebelum Anda memulai KB Pastikan Anda tidak hamil. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian informasi tentang telat haid yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

28 May 2019, 12:25 WIB