perdarahan setelah berhenti pil KB

Info Penanya, wanita 28 Tahun

dok saya baru minum pil kb selama 3 hari, tapi saya tdk nyaman dg efek yg ditimbulkan. kemudian saya brhenti untuk minum. stlh 3hari saya mengalami pendarahan. berapa lamakah biasanya pendarahan spt itu trjadi? lalu apa yg hrs saya lakukan untuk menghentikannya? setelah pendarahan ini apakah hormon dlm tubuh saya sudah kmbali lagi spt semula?

28 May 2019, 13:42 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Efek samping dari pil KB (bisa lebih jarang ataupun lebih sering) antara lain:

  • Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Rasa nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Rasa kembung
  • Peningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)
  • Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik)

Untuk memilih jenis kontrasepsi yang tepat untuk Anda, Anda harus mengetahui kelebihan, kekurangan, efek samping dan efektifitas dari masing-masing metode kontrasepsi yang ada. Konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk membantu pemilihan kontrasepsi yang paling tepat untuk Anda dan pasangan.

Dari kasus anda diatas, pada dasarnya obat KB sama dengan dengan obat lainnya yang berarti efeknya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Poin pertama diatas adalah salah satu gejala yang anda alami. Perdarahan atau bercak darah yang anda alami bisa berlagsung sekitar 5 hari sampai 2 minggu tergantung bagaimana hormon anda bereaksi karena sekali lagi, pada setiap orang berbeda sehingga tidak ada yang mutlak untuk tahu berapa lama gejala tersebut akan berlangsung. Untuk menghentikannya, anda dapat menggunakan pembalut atau tampon. jika perdarahan terlalu banyak atau tidak kunjung berhenti, disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau bidan anda.

baca juga:

tips memilih kb

positif negatif pil KB

pil KB dan darah kental

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

28 May 2019, 13:42 WIB