Gatal setelah minum obat TBC

Info Penanya, pria 24 Tahun

Saya mengidap tb aktif.. 1. Berobat jalan januari - maret 2019 yerjadi gatal2 selama 3 hari saat pertama kali minum obat tbc. 2. Berobat jalan dibulan april 2019 saat stelah minum obat terjadi gatal2 dan tiba2 berjerawat. Perntanyaan saya, apa obat tb itu ada efek samping seperti gatal2 dan berjerawat.??

31 May 2019, 22:15 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar gatal setelah minum obat TBC menggunakan fitur Tanya Dokter.

Keluhan yang anda alami dapat dirasakan oleh sebagian orang yang mengonsumsi obat TBC yakni gatal dan kemerahan pada kulit. Keluhan ini juga merupakan efek samping dari hampir seluruh jenis OAT. Gejalanya adalah kuilt tampak merah, gatal, dan bentol. Pada kondisi berat, gejala dapat disertai sesak napas, demam tinggi, dan kulit melepuh. Hal ini terjadi akibat reaksi hipersensitif terhadap OAT.

Bila Anda mengalami berbagai gejala di atas saat sedang menjalani pengobatan tuberkulosis, jangan tunda untuk periksa ke dokter. Nantinya, dokter akan menentukan apakah konsumsi OAT harus dihentikan karena efek samping tersebut, diganti, atau diberikan obat tambahan yang diperlukan. Pada intinya, jangan pernah menghentikan pengobatan atau mengubah dosis obat anti tuberkulosis (OAT) tanpa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang sebelumnya telah merawat Anda. Karena keberhasilan pengobatan TB amat bergantung pada keteraturan pasien mengonsumsi obat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai gatal setelah minum obat TBC. Semoga bermanfaat. Salam

31 May 2019, 22:15 WIB