Muntah hijau dan badan lemas

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok, Saya ingin tanya teman perempuan saya mengalami muntah. muntah nya cairan warna hijau dok. dan beberapa hari ini merasakan lemas badan dok. apakah tanda kehamilan dok atau sakit apa yah ?

31 May 2019, 22:15 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar muntah hijau dan badan lemas menggunakan fitur Tanya Dokter.

Muntah biasa terjadi karena adanya sesuatu pada lambung seperti asam lambung yang berlebihan yang dapat dipicu oleh stress, telat makan, dan malas makan pada umumnya, namunu muntah karena hamil biasanya disertai dengan terlambatnya menstruasi, lalu ada tanda-tanda kehamilan lainnya juga seperti mual, lemas, dan payudara yang juga dapat mulai membesar.

Jika kawan anda memang pernah berhubungan pada masa subur, bisa saja terdapat kehamilan. Namun, biasanya muntah hijau diakibatkan oleh asam lambung yang sudah tinggi dan bisa berasal dari campuran empedu dalam muntahan, atau akibat warna makanan/minuman yang baru saja tertelan. Yang dikhawatirkan dari muntah berwarna hijau adalah adanya sumbatan pada usus (ileus obstruktif), dengan tingkat sumbatan di bawah usus dua belas jari. Sumbatan bisa diakibatkan oleh perlengketan usus, tumor, batu empedu atau penyempitan abnormal saluran cerna.

Kami sarankan agar kawan anda dapat berkonsultasi ke dokter agar diketahui penyebab serta penyakit yang dideritanya sehingga mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai muntah hijau dan badan lemas. Semoga bermanfaat. Salam

31 May 2019, 22:15 WIB