Hasil tes pap smear radang non spesifik

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Siang dokter Saya mau tanya, saya kemarin habis papsmer dan hasil Diagnoses : radang purulen non spesifik. Papanicolou class : 2 Sudah di obati, tapi kenapa keputihannya masih keluar. Dan setiap stop obat. Keputihan saya bercampur bercak darah keluar lagi .

04 Jun 2019, 11:43 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar hasil tes pap smear radang non spesifik menggunakan fitur Tanya Dokter.

Mengenai hasil pap smear anda, Papanicolau II: ditemukan sel atipik tapi tidak ada tanda keganasan. umumnya disebabkan oleh peradangan non-spesifik. Dianjurkan diulang 6 bulan kemudian.

Hasil pap smear Anda menunjukkan adanya peradangan serviks (leher rahim) akibat infeksi bakteri yang normalnya ada di vagina. Bakteri ini dinamakan Gardnerella vaginalis dan pertumbuhan yang berlebihan disebut dengan bakterial vaginosis. Bakteri ini dapat tumbuh berlebihan bila terjadi fluktuasi hormon reproduksi wanita. 

Umumnya, bila bakteri ini tumbuh berlebihan akan menimbulkan keputihan. Perhatikan hygiene daerah kewanitaan anda sehari-hari, adakah yang terlewat sehingga masih menimbulkan keputihan yang berlebihan? Informasi lebih lanjut ada di bawah ini:

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hasil tes pap smear radang non spesifik. Semoga bermanfaat. Salam

04 Jun 2019, 11:43 WIB