Sleep paralysis

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Saya sering mengalami susah bangun saat tidur seperti sudah sadar,sudah melihat sekilas yg di depan mata,mendengar yg di bicarakan,tapi sulit untung bicara,sudah teriak tapi tidak ada yg dengar dan susah sekali untuk tidur,itu kenapa ya dok?

10 Jun 2019, 23:15 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar sleep paralysis menggunakan fitur Tanya Dokter.

Keluhan yang anda alam sepertinya adalah gejala dari sleep paralysis. Pada orang awam biasanya disebut dengan ketindihan. Hal tersebut terjadi akibat kondisi di mana seseorang berada dalam keadaan sadar namun tidak dapat menggerakkan tubuhnya. Hal ini umumnya terjadi pada saat seseorang berada pada masa transisi di antara tertidur dan terjaga.

Pada saat seseorang mengalami sleep paralysis, dalam periode transisi tersebut, ia dapat mengalami kesulitan bergerak atau berbicara selama beberapa detik hingga beberapa menit. Sebagian orang juga dapat merasakan tekanan atau rasa tercekik.

Berikut beberapa artikel untuk anda baca agar anda dapat mengatasi sleep paralysis anda dengan baik.

Jika dengan upaya yang telah disebutkan dan diusahakan tetap tidak mengurangi gejala sleep paralysis, anda dapat berkonsultasi dengan dokter, dan lebih rincinya lagi menggunakan fasilitas sleep clinic untuk mengetahui fase tidur anda lebih dalam lagi.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai sleep paralysis. Semoga bermanfaat. Salam 

 

10 Jun 2019, 23:15 WIB