amankah sabun cuci tangan untuk mandi?

Info Penanya, pria 19 Tahun

Selamat malam dok, cuma mau nanya aja karena pengen tau hehe Kalo mandi pake handwash itu boleh ga?? Apakah ada akibat atau efek samping kalo mandi pakai handwash?? Terima kasih Salam dari mahasiswa kere

10 Jun 2019, 09:57 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih anda telah bertanya menggunakan fitur layanan Tanya Dokter .Kami mohon maaf dan mohon pengertian Anda atas keterlambatan kami menanggapi pertanyaan anda.

 

Membersihkan kulit hanya dengan air biasa hanya akan membersihkan kulit dari kotoran yang larut dalam air. Namun, kebanyakan kotoran kulit dan produk yang dipakai di kulit bersifat larut lemak dan tidak larut air. Untuk itu, dibutuhkan bahan pencuci yang dapat membuat bahan-bahan tidak larut air ini menjadi larut air dan dapat dibersihkan dari kulit dengan basuhan air, yaitu sabun.

Untuk itulah kita memerlukan sabun untuk membersihkan kulit. Sabun mengandung bahan aktif yang dapat membersihkan kulit dari kotoran, minyak, produk kosmetik, mikroorganisme, dan sel-sel kulit mati. Pembersih kulit yang ideal harus dapat melakukan seluruh fungsi di atas tanpa menyebabkan kerusakan atau menimbulkan iritasi pada kulit.

Sabun mandi yang dipakai untuk mandi sudah didesain aman untuk seluruh bagian tubuh dengan ketebalan kulit yang berbeda-beda. Sabun tangan didesain untuk membersihkan bagian tangan dengan ketebalan kulit yang cukup tebal sehingga kalau digunakan untuk seluruh tubuh ditakutkan terjadi iritasi pada bagian-bagian tubuh yang bagian kulitnya tipis. Selain itu, kandungan sabun cuci tangan berupa antiseptik bisa menimbulkan reaksi iritasi atau membuat kulit kering pada orang dengan kulit sensitif.

Mengenai hal ini anda bisa juga baca:

ciri sabun mandi yang baik

jenis sabun mandi

akibat salah pilih sabun

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

10 Jun 2019, 09:57 WIB