Lupa minum obat TBC

Info Penanya, pria 22 Tahun

dok saya menderita tb plek setelah tahap lanjutan bulan ke 3, obat rifampicinnya saya lupa satu hari minum nya ,itu bagaimana solusinya dok? dan bagaiamna aturan minum obat curccuma pendamping obat tb? terima kasih banyak dok

10 Jun 2019, 09:57 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter. Kami mohon maaf dan mohon pengertian Anda atas keterlambatan kami menanggapi pertanyaan anda.

Kami mengerti kekhawatiran anda akan penyakit TBC karena membutuhkan pengobatan yang lama. 

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama, minimal 6 bulan. Jika baru 1 bulan, Anda diharapkan untuk bersabar demi mencapai kesembuhan. Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang.

Jika anda melewatkan satu hari saja seharusnya anda bisa langsung meminumnya lalu mengikuti jadwal yang sesuai keesokan harinya atau diminum 2 langsung tapi tergantung berapa lama keterlambatan anda. Dalam hal ini sangat disarankan untuk bertemu dengan dokter yang merawat anda agar dapat dievaluasi lebih lanjut dan diberikan solusi yang sesuai. Selain itu suplemen Curcuma bisa dikonsumsi 2-3 kali sehari tergantung kebutuhan dan mohon mengikuti saran dokter yang memeriksa anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

10 Jun 2019, 09:57 WIB