Seputar Folikulitis

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok di kulit kepala ada bintik bintik kecil yang bernanah lumayan banyak, rasanya tuh pegel banget, itu kenapa? Dan bahaya tidak yaa

13 Jun 2019, 19:07 WIB
dr. Alvin Nursalim, SpPD
dijawab oleh: dr. Alvin Nursalim, SpPD

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut. Folikel rambut ini merupakan lubang kecil yang terdapat di kulit dan merupakan tempat rambut tumbuh. Peradangan pada folikel ini merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang umum ditemukan.

Ada beberapa jenis folikulitis, yaitu:

Folikulitis pseudomonas. Jenis yang satu ini sering dialami oleh orang yang sering berendam air hangat. Biasanya peradangan terjadi karena bakteri yang terdapat pada air yang kurang bersih.

Folikulitis gram negative. Peradangan ini terjadi karena penggunaan antibiotik dalam jangka waktu panjang yang biasanya dilakukan untuk mengatasi jerawat.

Folikulitis palsu. Dikenal juga dengan sebutan pseudo-folliculitis. Terlihat mirip dengan folikulitis karena adanya infeksi akibat rambut yang tumbuh ke dalam. Namun pada folikulitis palsu tidak ada nanah.Folikulitis kronis atau sycosis barbae. Jenis folikulitis yang satu ini sering muncul di area yang ditumbuhi janggut.

Umumnya folikulitis dapat didiagnosis melalui proses wawancara medis antara dokter dengan penderitanya seputar gejala yang dirasakan. Selain itu dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat area yang menampakkan tanda-tanda gangguan.

Karena itu, cobalah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan.

13 Jun 2019, 19:07 WIB