Menilai Kualitas Sperma

halo bpk/ibu dokter semalam saya berhubungan intim dengan pasangan, dia mencicipi cairan mani kata dia air mani saya terasa seperti salted butter (berasa asin bercirikhas butter) apakah normal rasa itu? saya tunggu jawabanya, terima kasih

Lihat Selengkapnya
pria, 19 Tahun13 Jun 2019, 11:18 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Untuk menilai sperma normal atau tidak diperlukan pemeriksaan laboratorium khusus, rasa air mani tidak dapat menggambarkan kualitas sperma anda. Berikut ini adalah beberapa hal  yang menandakan bahwa kualitas sperma Anda prima,

  • Volume cairan sperma cukup dan kental
  • Volume sperma yang dikeluarkan oleh pria saat ejakulasi harus sekitar 2-5 ml. Konsistensi cairan sperma juga harus kental. Bila kurang dari jumlah tersebut, artinya volume sperma yang dimiliki sedikit dan ejakulasi pun kering. Dilansir dari Babyologist, kondisi volume cairan sperma yang sedikit ini disebut hypospermia. Hal ini bisa terjadi bila pria terlalu sering mengalami ejakulasi. Sementara itu, volume air mani yang berlebih disebut dengan hyperspermia, yang akan terjadi bila pria sudah lama tidak mengalami ejakulasi.
  • Warna putih keabuan. Umumnya cairan sperma berwarna putih keabuan. Jika warnanya kemerahan, bisa jadi Anda mengalami sumbatan saluran kencing atau infeksi Kemudian bila warna cairan sperma menjadi kuning, bisa jadi Anda mengalami infeksi saluran kencing.
  • Tidak berbau amis. Seharusnya, cairan sperma berbau seperti daun akasia. Namun, jika cairan sperma Anda berbau amis, perlu diwaspadai adanya infeksi pada saluran kencing, prostat, atau bagian lain pada saluran kencing.
  • Mengandung banyak sel sperma. Untuk mengetahui kesehatan sel sperma, diperlukan analisis menggunakan mikroskop. Cairan sperma yang sehat harus memiliki sel sperma yang cukup banyak, yakni dalam 1 ml setidaknya cairan sperma mengandung 20 juta sel sperma yang berbentuk normal dan bergerak cepat ke depan.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Sperma

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Sperma Encer

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Prosedur Pemeriksaan Sperma

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Meningkatkan Kualitas Sperma

Dijawab oleh:dr. Atika

Meningkatkan Kualitas Sperma

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk