Peningkatan nilai LED

Info Penanya, pria 22 Tahun

Permisi dok, saya ingin bertanya. Usia saya 22 tahun, BB 62 kg, tinggi 165cm. Saya sudah melakukan tes darah dengan hasil semua normal. Namun nilai laju endapan darah saya melebihi normal 25 (normal 10), dan trombosit saya hampir mendekati minimal 177.000 (min 150.000). Saya mau bertanya itu kira kira kenapa ya dok? Dan apakah segitu masih bisa dikatakan wajar? Terimakasih dokk

14 Jun 2019, 08:36 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar peningkatan nilai LED menggunakan fitur Tanya Dokter.

Adakah gejala penyakit yang saat ini anda rasakan?

Laju endap darah (LED) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Nilai LED mencerminkan ukuran cepatnya darah mengendap. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka nilai LED akan semakin meningkat. Peningkatan nilai LED tidak spesifik hanya terjadi pada satu penyakit saja. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan peningkatan nilai LED, yaitu:

  • Penyakit infeksi
  • Penyakit keganasan/kanker
  • Terjadi reaksi peradangan di tubuh
  • Pasien anemia/kurang darah
  • Orang normal : orangtua, perempuan, wanita hamil,Dll

Nilai LED tinggi dapat terjadi pada orang normal, dan sebaliknya seseorang yang menderita penyakit dapat memiliki nilai LED yang normal. Oleh sebab itu pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri dan hanya merupakan pemeriksaan penunjang setelah dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik oleh dokter.

Untuk dapat menormalkan nilai LED yang tinggi, tentu saja penyakit dasar/penyebab harus diobati sehingga nilai LED dapat kembali normal. Sebagai contoh, apabila terjadi infeksi demam tifoid/tifus, akan didapatkan nilai LED yang meningkat. Terapi untuk menurunkan nilai LED pada kasus ini tentu saja dengan mengobati penyakit dasarnya, yaitu demam tifoid. Begitu pula apabila terdapat anemia, maka anemia tersebut harus ditangani untuk menormalkan LED.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai peningkatan nilai LED. Semoga bermanfaat. Salam

14 Jun 2019, 08:36 WIB