Penggunaan cuka apel pada bekas jerawat

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Halo dokter, nama saya risa. Saya mau bertanya tentang bekas jerawat yg ada di wajah saya, bekas jerawat nya hitam dok, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat nya secara alami? Saya melihat youtuber memakai masker lidah buaya dan cuka apel. Saya sudah memakai masker lidah buaya tetapi tidak ada reaksinya. Dan apakah boleh dok menghilangkan jerawat dengan cuka apel? Ada berdampak buruk gk buat muka saya?

14 Jun 2019, 08:36 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar penggunaan cuka apel pada bekas jerawat menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Cuka sari apel dibuat dari apel masak segar yang difermentasikan dan melalui proses yang ketat sebelum menjadi produk akhir. Cuka ini mengandung berbagai vitamin, beta karoten, pectin dan berbagai mineral penting lainnya seperti kalium, sodium, magnesium, kalsium, fosfor, klorin, sulfur, besi dan fluor. Kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat untuk tubuh.

Jika Anda akan mengkonsumsi cuka apel ini baiknya dicampurkan ke dalam makanan saja, dan jumlahnya sedikit saja. Cuka apel tidak disarankan digunakan di wajah karena dapat menyebabkan iritasi di kulit Anda. Jika anda masih ingin mencoba, jika kulit anda tidak sensitif, campurkan cuka apel dengan kandungan air agar tidak cuka apelnya yang murni saja yang dapat anda oleskan ke wajah. Gunakan pada area yang bermasalah saja.

Perlu diketahui bahwa ada  opsi lain untuk menghilangkan bekas jerawat Anda dapat membacanya disini:

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai penggunaan cuka apel pada bekas jerawat. Semoga bermanfaat. Salam

14 Jun 2019, 08:36 WIB