Haid setelah melakukan hubungan pada masa subur 17 Juni 2019 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Haid setelah melakukan hubungan pada masa subur

Permisi dok, saya mau tanya Saya sudah melakukan hubungan seks pada masa subur, tapi kenapa pas minggu berikut nya haid? Saya pikir itu darah awal hamil ternyata darah haid Terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun17 Jun 2019, 02:37 WIB

dr. Nabila Viera Yovita

Dijawab oleh:

dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar haid setelah melakukan hubungan pada masa subur menggunakan fitur Tanya Dokter.

Adakah kemungkinan anda salah menghitung siklus menstruasi anda? Adakah ketidakteraturan dalam siklus mens sehingga menstruasi anda dapat datang tidak saat diduga?

Selain melihat tanda-tanda tersebut, Anda dapat menghitung masa subur dengan melihat siklus menstruasi yang terjadi antara 21-35 hari dengan lama perdarahan 2-8 hari. Tetapi, ada beberapa wanita yang memiliki siklus lebih pendek maupun lebih panjang. 

Pada umumnya, wanita memiliki masa subur sekitar 12-14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Masa subur ini dapat berbeda setiap bulannya, mengingat masa subur sangat dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Jadi, bila siklus menstruasi Anda tak tentu, begitu pula dengan masa subur Anda.

Oleh sebab itu, langkah terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah selalu mencatat hari pertama menstruasi agar dapat mengetahui kapan masa subur Anda.

Seperti telah dijelaskan di atas, masa subur akan mulai pada 12-14 hari berikutnya. Jadi, apabila siklus menstruasi Anda 28 hari, maka masa subur Anda akan jatuh pada hari ke-14. Tetapi, jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, ketahuilah siklus terpendek dan terpanjang dalam 3 bulan terakhir.

Misalnya, siklus terpendek 21 hari dan terpanjang 35 hari, maka untuk menentukan masa subur, Anda harus menghitung siklus terpendek dikurangi 18, siklus terpanjang dikurangi 11. Artinya, masa subur Anda berada di hari ke 3 hingga hari ke 24.

Jadi, menentukan masa subur dapat dilakukan lewat siklus mentruasi serta melihat tanda masa subur wanita, seperti yang telah dipaparkan di atas. Anda dan pasangan dapat melakukan hubungan seksual di masa subur tersebut agar segera memiliki momongan. Namun, apabila sudah lebih dari 1 tahun mencoba dan belum berhasil mendapatkan keturunan, Anda dan pasangan dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebabnya.

Kami sertakan beberapa artikel agar anda tidak salah paham kembali mengenai siklus menstruasi anda disini:

Baca Juga

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai haid setelah melakukan hubungan pada masa subur. Semoga bermanfaat. Salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penyebab Terlambat Haid pada Usia Muda

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Penyebab Terlambat Haid pada Usia Muda

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Haid normal?

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat