Benjolan di Penis

Info Penanya, pria 25 Tahun

Terimakasih sebelemunya dok. begini dok, saya umur 25tahun. tidak pernah berhubungan seks sama sekali. hari ini tiba" saya merasa tidak nyaman di daerah kelamin saya. dan ternyata setelah saya cek , ternyata ada benjolan. benjolannya hanya terasa sedikit nyeri ketika di sentuh. letaknya di area bwh kiri dekat pangkal batang mr.p. saya setres banget dok karena saya baca" di google, saya tidak tahu apakah benjolan itu berbahaya atau tidak. apakah tumor dan lain". tapi spertinya benjolan saya mirip dengan yang namanya lymphochele. berikut link fotonya dok. http://cubeupload.com/codes/bdbae6 fotonya 4 baris dari bawah, mohon bantuannya dok. Terimakasih Banyak dok.

18 Jun 2019, 11:03 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih telah bertanya tentang benjolan di penis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai benjolan pada penis, pasti sangat mengganggu Anda.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.

Benjolan pada penis dapat terjadi disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi (misalnya akibat hubungan seksual yaitu penyakit menular seksual), kutil, moluskum, kista, pembesaran kelenjar getah bening penis, pembesaran pembuluh darah vena, ataupun yang berat seperti tumor (jinak/ganas).

Sepertinya Anda tidak mungkin terkena infeksi karena jika disebabkan oleh infeksi umumnya disertai oleh keluhan lain seperti rasa nyeri dan gatal. Selain itu, gambarannya biasanya menandakan adanya peradangan seperti warna kemerahan, lepuh, atau berupa tukak/luka. Bila disekitar rambut kemaluan bisa saja disebabkan oleh penyumbatan atau infeksi saluran rambut.

Perlu juga diketahui apakah terdapat pembesaran kelenjar getah bening di sekitar kemaluan, apakah terdapat gangguan seperti nyeri ketika berkemih, dan sebagainya.

Untuk memastikan tentunya Anda harus memeriksakan alat kelamin Anda pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dari sana, akan ditentukan pemeriksaan lanjutan atau pengobatan yang sesuai. Karena pemeriksaan fisik secara kasat mata tetap memegang peranan yang penting dalam diagnosa penyakit kulit dan kelamin. Jangan khawatir untuk berobat ke dokter, karena akan lebih baik jika diperiksakan sehingga jika terdapat kelainan yang lebih serius dapat diobati lebih dini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang benjolan di penis. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

18 Jun 2019, 11:03 WIB