Flek Setelah Kuret

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Selamat pagi dok .. Saya mau bertanya . Bulan 10 maret 2019 saya kuret molahidatidosa dok .selesai kuret saya masih berdarah dok .. Dan seminggu paska kuret saya di suruh kontrol . pas di usg ternyata molahidatidosa saya masih ada dan saya di cek bthcg dok .. Hasil bthcg saya 11.29 mlu/ml dan dokter memberi saya pil mtx 20 butir ,dari saya kuret sampai 3 bulan saya masih berlendir campur darah dok .. Setelah minum mtx 20 butir seminggu lepas itu saya pendarahanngitu dok .. Darah bergumpal keluar dok .. Setelah itu sekarang saya masih ngeflek coklat dok .. Tapi gak berlendir lagi dok. dan dokter mengatakan 2 kali haid lagi saya sudah boleh hamil lagi .. Dan pertanyaan saya sekarang .. Flek .pinggul saya nyeri dok .. apa itu kputihankecolkatan dok ?kalau vagina dibersih kan sampai kedalam pasti ada kecolatan itu .. Apa itu karna sisa mola nya atau ada penyakit lain dok .. ?mohon penjelasan nya dok .. Trimakasih

20 Jun 2019, 09:32 WIB
dr. Alvin Nursalim, SpPD
dijawab oleh: dr. Alvin Nursalim, SpPD

Terima kasih telah bertanya tentang Flek Setelah Kuret melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Beberapa keadaan dapat menjadi alasan terjadinya perdarahan kembali pasca kuret:

1. Perdarahan yang terjadi bisa jadi adalah menstruasi biasa. Bila darah tersebut adalah darah menstruasi, seharusnya akan hilang perdarahan tersebut lama dalam 14 hari.

2. Masih ada jaringan yang tidak tuntas dibersihkan saat kuret. Biasanya ditandai dengan perdarahan yang lebih lama dari 14 hari dan disertai nyeri perut seperti diremas-remas.

Bila memang dokter kandungna sudah memastikan tidak ada sisa jaringan di dalam rahim, maka Anda tidak perlu khawatir. Kemungkinan besar darah tersebut adalah darah haid biasa. Akantetapi bila perdarahan kerap terjadi bahkan di luar siklus haid,  kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan kembali untuk dilakukan evaluasi lewat USG.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Flek Setelah Kuret. Semoga bermanfaat.

20 Jun 2019, 09:32 WIB