usia terbaik memulai MPAsi

Pagi dok saya mau tanya,anak saya umurnya 4 bulan 2 minggu.dia sllu ngecap tangan nya terus dan bentar bntar minta nyusu, ngulang terus nyusunya jd bntar bntar minta susu.ap boleh saya kasi moasi bubur sun

Lihat Selengkapnya
wanita, 27 Tahun20 Jun 2019, 10:07 WIB

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Dijawab oleh:

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar usia terbaik memulai MPAsi melalui fitur Tanya Dokter.

Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan periode dimana bayi mulai dikenalkan ke makanan selain ASI. Masa ini merupakan masa yang penting karena sangat berpengaruh terhadap pola makan bayi nantinya. Pemberian MPASI biasanya pada usia 6 bulan ke atas. Untuk memulai pemberiannya, harus diperhatikan juga apakah bayi Anda siap untuk mendapatkan MPASI. Ciri-cirinya adalah : bayi Anda sudah bisa duduk tegak, sering meraih-meraih makanan dan memasukkannya ke mulut, bisa menelan makanan dengan baik tanpa tersedak, dan tertarik pada makanan. Jika sudah terdapat tanda-tanda tersebut berarti bayi Anda sudah siap untuk memulai MPASI. Pemberian MPASI yang terlalu dini dapat meningkatkan resiko alergi, resiko tersedak, gangguan ginjal, gangguan pencernaan, kenaikan berat badan berlebih, obesitas, dan diabetes tipe 2. Pemberian makanan juga harus dilakukan secara bertahap.

Untuk kasus yang anda alami sebaiknya anak tetap diberikan ASi atau susu formula. Tetapi jika frekuensinya terlalu sering, mungkin anda perlu untuk mengurangi kekentalan dari susu tersebut, sehingga anak anda pun tidak mengalami kelebihan kalori. Untuk memulai MPASI yang ideal sebaiknya saat usia 6 bulan keatas.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Baca Juga

Terima kasih, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penularan HIV Lewat ASI, Bisakah?

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Perawatan Kulit Untuk Ibu Menyusui

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Bayi 0 Bulan Susah BAB

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Bayi Tertidur Setelah Menyusu

Dijawab oleh:dr. Atika

Produksi ASI tanpa kehamilan, bisakah?

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk