Seputar Sinusitis

4 tahun yang lalu saya di diagnosa memiliki sinus setelah melakukan ct scan. Setelah itu hidung saya sering mampet. Kemudian saya melakukan terapi untuk menghilangkan lendir yg menumpuk di dalam hidung. Skrg saya jika terkena flu, itu pasti selalu disertai dengan batuk. Apakah ini berpengaruh karna sinus saya? Dan jika saya mengkonsumsi obat rhinos sr untuk menghilangkan flu saya, apakah itu benar?

Lihat Selengkapnya
wanita, 25 Tahun21 Jun 2019, 03:21 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah bertanya dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com,

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influenza, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, pilek, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. Pada batuk pilek yang baru berlangsung beberapa hari seringkali disebabkan oleh virus, oleh sebab itu pengobatan utama adalah peningkatan daya tahan tubuh. Untuk obat batuk pilek yang dapat digunakan adalah obat-obatan dengan kandungan pseudoefedrin, gliseril guaiakolat, bromheksin, klorfeniramin maleat, dll.

Selain infeksi virus atau bakteri, batuk pilek juga bisa disebabkan oleh alergi. Dalam kondisi alergi dapat digunakan obat antihistamin (loratadin, ctm, cetirizine). 

Batuk dan pilek dapat pula menjadi tanda dari penyakit sinusitis. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan dinding sinus, yang merupakan rongga kosong pada tulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), belakang rongga hidung (sphenoid), serta antara hidung dan mata (ethmoid). Keadaan ini terjadi saat sinus mengalami sumbatan dan berisi cairan, sehingga kuman berbahaya lebih mudah menginfeksi. Adapun beberapa gejala sinusitis yg sering dikeluhkan antara lain:

  • Hidung tersumbat
  • Rasa sakit atau adanya tekanan di daerah dahi, pipi maupun tengah hidung (di antara mata)
  • Napas berbau
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Berkurangnya daya pengecap dan penciuman
  • Demam
  • Sakit tenggorokan

Jika Anda mengalami pilek tak kunjung sembuh dengan gejala-gejala seperti di atas, jangan tunda untuk berobat ke dokter. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan pemeriksaan lengkap, termasuk rhinoskopi untuk melihat kelainan yang ada di dalam hidung, rontgen sinus, ataupun pemeriksaan cairan mukus.

Setelah dinyatakan positif sinusitis, dokter mungkin akan memberikan antibiotik dengan jenis dan dosis yang sesuai, antihistamin, serta dekongestan semprot. Pada beberapa kasus, misalnya sinus berulang atau kelainan anatomi hidung, dokter mungkin akan menyarankan pasien untuk melakukan tindakan operasi. Konsultasikan kepada dokter dan jangan mengkonsumsi obat tanpa dibawah pengawasan dokter terutama membeli obat tanpa resep dari dokter. 

Baca Juga

Demikian informasi yang dapat diberikan. Salam sehat. 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Batuk pilek, alergi, Common Cold, Influenza

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

sering flu berulang

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

sering flu berulang

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

sering flu berulang

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Demam dan Pilek

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk