suka berbohong

Info Penanya, wanita 15 Tahun

Jika sering berkhayal dan membohongi orang lain tapi sadar bahwa kita sedang berbohong apa nama dari 'penyakit' itu? bisakah dijelaskan secara psikologi? Terima kasih

20 Jun 2019, 18:45 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kecenderungan berbohong yang dimaksudkan bukan untuk menipu/mengelabui orang lain, tetapi justru untuk membantu dirinya sendiri mempercayai/meyakini kebohongannya sendiri disebut bohong patologis atau mythomania.  kondisi ini adalah orang yang memiliki perilaku yang terbiasa atau selalu terdorong untuk berbohong. Sedangkan arti dari kebohongan patologis itu sendiri adalah suatu kebohongan yang dapat melebar dan menjadi sangat rumit untuk waktu yang sangat lama bahkan bisa sepanjang hidup si pembohong.

Kebohongan-kebohongan yang dilakukan olehnya cenderung 'di luar' kesadaran, yang artinya adalah dia tidak tahu/tidak sadar bahwa orang lain akan merasa terganggu dengan kebohongannya, karena yang terpenting baginya adalah mendapat pengakuan oleh sekelilingnya, pengakuan terhadap 'kenyataan' yang ingin ia wujudkan demi melarikan dirinya dari kenyataan sebenarnya yang tidak mau ia terima, dengan tanpa rasa menderita.

Salah satu cara untuk menghilangkan penyakit ini adalah segera melakukan konsultasi kepada psikiater (ahli penyakit jiwa klinis yang dapat diterapi dengan obat-obatan). Penyembuhan ini tidak dapat berlangsung secara cepat karena membutuhkan proses yang lama dan berkelanjutan. Untuk itu, semakin cepat anda mendapatkan pertolongan, semakin cepat pula kondisi anda dapat tertangani.

Mengenai hal ini anda bisa baca juga:

mythomania

waspada penyakit berbohong

tips penanganan orang yang suka bohong

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

20 Jun 2019, 18:45 WIB