anak ketergantungan pada suatu objek

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Dokter saya mau tanya . Saya memiliki anak laki laki usia 16 bulan. Dia terlalu menyukai sebuah bantal karena dari lahir bantal itu ga bsa diganti . Sekarang kalau bantal itu diambil dia nangis tapi kalau dia sedang lupa ya biasa aja. Terus ada yg comment katanya itu bisa mempengaruhi ke pola pikir dia pas besar . Apa benar dok ?

20 Jun 2019, 18:45 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena menurut penelitian, ketergantungan terhadap suatu objek seperti bantal, guling, selimut, atau boneka, apalagi yang sudah dimiliki sejak kecil merupakan fase yang normal pada anak. Memang tidak semua anak mengalami fase ini dikarenakan faktor pola asuh dan lingkungan yang berbeda. Keterikatan anak dengan objek ini dicurigai berhubungan dengan pengelolaan stres yang dialami anak.

Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir kenapa anak anda stres karena semua orang mempunyai masalahnya masing-masing dan sama halnya dengan anak anda yang pengelolaannya menggunakan objek. Hipotesis diatas juga masih perlu dibuktikkan dengan penelitian lebih lanjut. Menurut penelitian lain juga belum ada yang membuktikkan bahwa ketergantungan anak terhadap objek seperti ini dapat menyebabkan gangguan pola pikir di kemudian hari jadi anda tidak perlu khawatir. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

20 Jun 2019, 18:45 WIB