Neurofibromatosis

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Dok, saya mau tanya. Saya memilik benjolan di belakang kepala dan lumayan dekat dengan telinga. Benjolannya keras tapi bila di tekan kadang terasa sakit kadang juga tidak. Saya juga termasuk sering sakit kepala. Saya mau konsultasi ke dokter. Sebaiknya saya konsuktasinya ke dokter spesialis apa? Saya juga penderita neurofibromatosis.

24 Jun 2019, 14:54 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya seputar Neurofibromatosis melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Neurofibroma merupakan tumor jinak yang berasal dari sel Schwan (saraf) disertai bentukan jaringan fibrous. Tumor ini tumbuh lambat, mula-mula tidak menimbulkan gangguan tetapi lama kelamaan memberikan gejala seiring dengan bertambah besarnya ukuran tumor yang menekan jaringan sekitarnya. Penyebabnya belum diketahui namun terkadang berkaitan dengan penyakit von recklinghausen.

Neurofibroma terbagi atas 2 tipe yaitu dermal dan pleksiform.

Neurofibroma dermal berkaitan dengan jenis nervus atau saraf perifer sedangkan neurofibroma pleksiform berkaitan dengan rangkai saraf multipel. Neurofibroma dermal sering disebut dengan neurofibroma kutaneus yang umumnya terjadi pada usia remaja dan berkaitan dengan onset pubertas. Neurofibroma jenis ini semakin meningkat jumlahnya dan ukurannya seiring dengan pertambahan usia. Tidak didapatkan tanda-tanda keganasan. Neurofibroma pleksiform adalah kelainan kongenital atau sejak lahir. Dapat menjadi sangat besar dan menimbulkan nyeri.

Tidak menutup kemungkinan benjolan yang Anda keluhkan merupakan neurofibroma yang selama ini Anda miliki. Saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih jauh.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga :

Neurofibromatosis Tipe 1

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Neurofibromatosis. Semoga bermanfaat.

24 Jun 2019, 14:54 WIB