haid sedikit

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Hallo dok, selamat malam. Saya wanita yang berumur 23 tahun dan sudah menikah di bulan desember tahun 2018. Dok, saya mau menanyakan tentang keluhan yang saya alami. Menstruasi saya selalu teratur setiap bulannya. Akan tetapi, dari bulan maret-mei 2019 (sudah 3 siklus mentruasi) volume darah yang keluar jauh lebih sedikit dari biasanya, darah yang keluar terkadang hanya berbentuk bercak dan gumpalan hitam saja, itu kadang terjadi di hari pertama sampai hari terakhir. Kemudian di bulan juni saya merasakan nyeri di sekitar payudara tapi tak kunjung datang bulan juga. Di hari ketujuh keterlambatan, saya melakukan tes kehamilan dengan menggunakan tespack akan tepati hasilnya negatif. Pada esok harinya saya mendapati vagina saya becek tapi tidak gatal dan tidak sampai mengotori celana dalam juga, setelah itu saya pun mencoba untuk mengecek dengan menggunakan kapas, ternyata ada cairan berwarna kuning kemerahan tapi hanya sedikit saja. Mohon solusinya dok..

25 Jun 2019, 00:55 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih karena Anda telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah darah yang keluar saat menstruasi sedikit. Jumlah menstruasi yang sedikit dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang.

Sebenarnya lama haid 3-5 hari tidak masalah untuk kesuburan walaupun jumlah darah yang keluar adalah sedikit. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Cairan kuning kemerahan kemungkinan adalah cairan vagina yang bercampur dengan sisa darah, selama tidak menimbulkan gejala seperti gejala, perih, kemerahan dll anda juga tidak perlu khawatir.

Mengenai hal ini anda juga bsia membaca:

darah haid sedikit, normalkah?

penyebab haid tidak teratur

sebab haid tidak teratur

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

25 Jun 2019, 00:55 WIB