Bau Urin Menyengat

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok, saya mau bertanya. Beberapa minggu ini, hingga saat ini, saat saya buang air kecil, bau urin nya menyengat dan seperti tidak biasa, bahkan di sertai sakit perut bagian bawah seperti sakit ingin melahirkan, dan mengeluarkan darah seperti haid. Memang saat hamil saya memang terkena penyakit infeksi saluran kemih. Dan 3 bulan belakang saya jg kb 3 bulan yg berefek darah selama 3 bulan, apakah darah yang saya keluarkan yang di sertai sakit perut dan bau urin yang saya keluarkan itu efek infeksi saluran kemih yang pernah saya idap, atau masih efek dari kb 3 bulan. Kalo benar itu dari efek kb 3 bulan. Apakah itu harus ganti kb karena tidak cocok? Mohon masukan dan jawabannya dok. Terima kasih.

27 Jun 2019, 13:00 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih telah bertanya seputar bau urin menyengat melalui fitur TanyaDokter di Klikdokter.com

Halo!

Ada beberapa keadaan yang dapat menyebabkan urin berbau tidak sedap, misalnya makan makanan tertentu dapat menyebabkan perubahan aroma urin (petai, jengkol, durian). Kondisi kurang cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan urin menjadi pekat dan lebih bau. Ada juga penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyebabkan perubahan aroma urin, tetapi tentunya tidak bisa menegakkan diagnosis penyakit hanya melalui urin berbau tidak sedap. Bagaimana warna urin anda?

Urin berbau menyengat jarang disebabkan penggunaan KB.

Sayang sekali kami belum bisa menentukan penyebab keluhan anda dengan informasi yang terbatas. Diperlukan info lengkap; yang didapatkan dari wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan penunjang yang penting; sehingga dapat menentukan penyebab pasti keluhan anda. Penatalaksanaan keluhan anda pun sangat tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai keluhan ini.

Baca juga:ISK

Demikian informasi seputar bau urin menyengat yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

27 Jun 2019, 13:00 WIB