Gusi Bawah Paling Ujung Bengkak Akibat Mengunyah

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Gusi bawah ujung kanan saya sakit dan sedikit bengkak dan jika digunakan untuk mengunyah makanan gusi malah bengkak dan ketika saya liat pakai senter ditengah gusi ada bolongan kecil tetapi tidak dalam, itu kenapa yaa Dok ?

27 Jun 2019, 22:32 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gusi bawah paling ujung bengkak akibat mengunyah melalui fitur Tanya Dokter.

Dari keterangan yang anda sampaikan, bisa jadi gusi bengkak merupakan akibat gigi bungsu yang baru tumbuh posisinya miring, mengalami impaksi/ terpendam. Yaitu kondisi gigi yang terhalang untuk tumbuh secara normal di dalam lengkung rahang. Gigi impaksi dapat terbenam seluruhnya dalam tulang, atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring. Seluruh permukaan gigi masih tertutup gusi, sehingga tergigit oleh gigi antagonisnya makanya terlihat seperti bolongan kecil. Sisa makanan mudah terselip dan sulit dibersihkan di bagian tersebut dan menjadi tempat pertumbuhan kuman, sehingga lama kelamaan gusi mengalami peradangan.

Jika dibiarkan, gusi yang meradang tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu dan menyulitkan pengunyahan. Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi bungsu seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.

Kami sarankan untuk melakukan rontgen foto agar bisa segera dibuatkan rencana perawatan gigi yang tepat.

Bacalah artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Inilah Tanda-Tanda Gigi Bungsu Perlu Dicabut

- Solusi untuk Gigi Geraham Bungsu yang Sakit

5 Alasan Mengapa Gigi Geraham Bungsu Perlu Dicabut

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bawah paling ujung bengkak akibat mengunyah, semoga bermanfaat.

27 Jun 2019, 22:32 WIB