benjolan di punggung

dok... saya punya masalah kulit ..ada benjolan di bagian punggung yang awalnya berukuran kecil dan sudah berlangsung kurang lebih satu atau dua tahun dan sekarang sudah mulai membesar dan terasa sakit saat disentuh. tekstur benjolannya itu padat/keras. ini termasuk jenis benjolan apa dok? terimah kasih sebelumnya

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun30 Jun 2019, 10:33 WIB

dr. M. Dejandra Rasnaya

Dijawab oleh:

dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang anda rasakan terhadap benjolan tersebut.

 

Benjolan yang anda alami kemungkinan masuk dalam jenis Lipoma. Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Lipoma sebenarnya merupakan tumor jinak. Penyebab lipoma hingga kini belum diketahui. Lipoma cenderung terjadi menurun dalam keluarga, sehingga diperkirakan terdapat keterlibatan genetik pada lipoma.

Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Hingga kini belum ada obat yang dapat menghambat pertumbuhan lipoma. Sayangnya, satu-satunya cara untuk menghilangkan benjolan lipoma adalah dengan operasi pengangkatan lipoma. Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal, jika dokter sudah benar-benar yakin bahwa benjolan memang benar-benar lipoma yang tergolong dalam tumor jinak.

Untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter bedah atau dokter kulit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

batuk lama dan benjolan

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Benjolan di Dekat Telinga

Dijawab oleh:dr. Atika

Benjolan pada Pangkal Paha

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Benjolan di Pipi

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Benjolan di Jari Tangan

Dijawab oleh:dr. Atika

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk