USG Kantung Kehamilan

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Siang dok. Kemarin saya USG dok krena hasil testpack pada pagi harinya. Tapi dari print USG blm nampak kantong dan terdapat tulisan (GS belum tampak). Sebagai informasi hpht saya 14 April dok dan sampai tgl 10 Juni 2019 saya testpack masih negatif. Kemarin dan hari ini saya testpack positif dok. Jika ada tulisan GS belum tampak, apakah saya bisa dikatakan hamil dok? Dan kira2 ideal nya saya kembali lagi untuk USG brapa lama lagi ya dok? Misal wanita yg belum hamil melakukan USG apakah tulisan GS belum tampak juga akan muncul pada hasil USG nya. Mohon pencerahannya dok

01 Jul 2019, 15:38 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai USG Kantung Kehamilan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

USG memang merupakan pilihan tepat untuk mengkonfirmasi adanya kehamilan dan memastikan kehamilan berjalan dengan sehat. Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pd usia hamil di atas 6 minggu.

Pada usia hamil 4-5 minggu kadang-kadang juga sudah tampak bulatan hitam menyerupai kantung kehamilan tetapi masih sangat kecil, terutama jika siklus haid yang lebih dari 28 minggu. Bila saat USG nanti kantung janin belum jelas, sebaiknya ulang sekitar 2-4 minggu setelah USG pertama untuk memantau perkembangan kehamilannya.

Untuk menambah wawasan Anda, kami sertakan artikel berikut:

6 Tips Cepat Hamil

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai USG Kantung Kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam,

01 Jul 2019, 15:38 WIB