hasil USG

Info Penanya, wanita 48 Tahun

Halo, saya mau tanya hasil usg abdomen.liver : uk normal, permukaan rata, tepi tajam, struktur homogen, ekogenisitas normal, tidak ada nodul, v.porta, v.hepatika, dan d.bilier tidak melebar.kenapa kesimpulannya fatty liver grade 3 ( severe ) Trus pada kidney tampak klasifikasi kecil2, apa batu ginjal dok?

02 Jul 2019, 09:26 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya mengenai fatty liver dan kalsifikasi ginjal melalui futr Tanya Dokter.

Lemak dalam jumlah sedikit di liver (hati) merupakan hal yang normal. Namun bila jumlah lemak mengambil 5% - 10% berat dari liver Anda, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang dinamakan Fatty Liver (Perlemakan Hati).

Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver.

Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi fatty liver Anda dan menghindarinya agar tidak terjadi perburukan. Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, dengan:

  • Makan teratur  dan bergizi
  • Istirahat cukupOlahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  • Tidak merokok
  • Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Anda juga perlu menghindari makanan-makanan berikut untuk menjaga kadar lemak dalam darah Anda terkontrol:

  • Hindari makan goreng-gorengan
  • Makanan dengan kandungan tinggi lemak
  • Hindari alkohol
  • Hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda
  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan

Sedangkan kalsifikasi ginjal merupakan akumulasi kalsium garam yang tidak normal dalam jaringan tubuh. Akumulasi kalsium yang abnormal dalam ginjal ini disebut sebagai nefrokalsinosis, yang berarti peningkatan kandungan kalsium ginjal secara umum daripada peningkatan yang terlihat pada infark ginjal dan tuberkulosis yang terkalsifikasi. Biasanya pada hasil USG seperti ini memiliki kecenderungan ke arah adanya batu pada ginjal dan saluran kemih anda. Tetapi untuk mendapatkan kepastian diagnosis guna terapi yang tepat, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis urologi. 

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

02 Jul 2019, 09:26 WIB