Lutut Anak Sakit

Selamat malam dokter,anak saya perempuan usia 26 bulan,anaknya aktif. Ahir-ahir ini dia suka mengeluh sakit dan pegal di bagian selangkangan dan lutut bagian belakang,itu kenapa ya dok? Berpengaruh tidak ke tumbuh kembangnya? Terimakasih dokter...

Lihat Selengkapnya
wanita, 24 Tahun09 Jul 2019, 09:27 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya seputar lutut anak sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Singkatnya lutut terdiri dari tulang, kapsul, rawan sendi, meniscus, ligamen, otot dan syaraf yang bekerja sama untuk menghasilkan suatu gerakan lutut yang sempurna. Nyeri lutut dapat terjadi pada semua umur dan oleh berbagai penyebab. Dan penanganan nyeri lutut berbeda-beda, harus berdasarkan penyebabnya.

Pada anak-anak dapat terjadi akibat gangguan pertumbuhan, seperti chondromalacia (tulang rawan sendi yang kurang keras), discoid meniscus (bentuk meniscus yang tidak sempurna), Osgood Schlatter's disease (akibat terangkatnya ligament patella dari tulang), penyakit rematik pada anak, bentuk lutut ) atau X, tumor-tumor jinak seperti osteochondroma. Bagaimana dengan Anda, apakah nyeri lutut telah dirasakan sejak Anda kecil?

Sedangkan nyeri lutut yang terjadi pada orang dewasa, dapat diakibatkan karena trauma seperti terjatuh, keseleo, cedera waktu olahraga baik disadari maupun tidak. Selain itu nyeri lutut juga bisa disebabkan kelainan diluar lutut seperti akibat lemahnya otot paha, cedera ligamen lutut dalam, kelainan disendi panggul, atau kelainan di tulang belakang (HNP) yang tentunya memerlukan penanganan yang lebih kompleks.

Pada usia diatas 45 tahun, pada umumnya masalah degeneratif menjadi masalah utama, yaitu kerusakan tulang rawan sendi yang disebut dengan arthritis / pengapuran. Penyebabnya digolongkan menjadi dua, yaitu penyebab primer bila disebabkan karena proses penuaan dimana sendi menjadi aus akibat produksi cairan pelumas yang berkurang. Sedangkan penyebab sekunder bila disebabkan oleh cedera waktu muda yang tidak segera diatasi, bentuk kaki yang O atau X, penyakit  reumatik dan asam urat, infeksi dan lain sebagainya.

Pada stadium awal pengobatan dan pencegahan dapat menggunakan obat-obatan, suntik sendi, fisioterapi, olahraga low impact dan tindakan arthroscopy. Sedangkan pada stadium lanjut diperlukan tindakan pembedahan yang lebih kompleks, yaitu tindakan operasi pelapisan permukaan sendi dengan sendi buatan (arthroplasty) atau bahkan total knee replacement. Tindakan ini dapat menuntaskan rasa kaku, nyeri, hambatan gerak dan meluruskan tulang lutut yang sudah bengkok.

Untuk itu, Kami sarankan Anda memeriksakan keluhan nyeri lutut  pada dokter terdekat, dan bila dirasa gangguan ini berat dokter dapat merujuk Anda ke pusat pelayanan medis yang memiliki fasilitas dan tenaga dokter yang memiliki keahlian khusus untuk mengatasi penyakit-penyakit yang kompleks pada lutut.

Baca Juga

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. Salam. 

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Anak Takut Belajar Berjalan

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

anak batuk 2 minggu

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

anak ketergantungan pada suatu objek

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Anak Dengan Hemofilia Bolehkah Disunat?

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

batuk dan diare

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk