Diare pada Ibu Hamil

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok , saya lagi hamil anak prtama masuk usia kandungan 7 bulan . Tapi dari kemarin saya mengalami mual muntah dan feses mnjdi cair . Dan berat badan saya turun 4 kilo dok ,

12 Jul 2019, 15:23 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Diare pada Ibu Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Penyebab diare saat hamil tidak selalu berkaitan dengan kehamilan. Penyebab yang tidak berkaitan dengan kehamilan, di antaranya:

  • Infeksi virus.
  • Infeksi bakteri.
  • Infeksi parasit.
  • Keracunan makanan.
  • Obat-obatan.
  • Infeksi saluran cerna.

Kondisi lain yang juga dapat menyebabkan infeksi saluran cerna, contohnya penyakit irritable bowel syndrome (sindrom iritasi usus besar), Crohn, celiac, dan ulcerative colitis.

Sedangkan penyebab diare yang berkaitan dengan kehamilan, misalnya:

Perubahan pola makanBanyak wanita yang mengubah pola makannya saat hamil. Perubahan pola makan yang mendadak ini dapat mengganggu saluran cerna dan menyebabkan diare.

Sensitif terhadap makanan tertentuKehamilan dapat membuat Anda menjadi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu. Makanan yang tadinya tidak menyebabkan Anda sensitif, kini dapat membuat perut Anda tidak nyaman dan mengalami diare.

Konsumsi vitaminKonsumsi vitamin saat hamil baik untuk kesehatan dan janin. Namun, jenis vitamin tertentu dapat menyebabkan Anda mengalami diare.

Perubahan hormonalPerubahan hormonal yang terjadi saat hamil dapat berpengaruh terhadap fungsi saluran cerna Anda dan dapat menyebabkan diare.

Bagaimana cara mengatasi diare saat hamil?

Untuk menangani diare saat hamil, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, seperti:

  • Beri waktuKebanyakan diare dapat hilang dalam kurun waktu beberapa hari.
  • Perhatikan obat dan suplemen yang Anda konsumsiJika obat-obatan yang Anda konsumsi menyebabkan Anda diare, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menghentikan atau menggantinya.
  • Konsultasi dengan dokterTidak semua obat yang dijual aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena itu janganlah sembarangan mengonsumsi obat antidiare yang dijual di pasaran. Konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan Anda.
  • Hindari konsumsi makanan tertentuHindari makanan yang dapat merangsang diare Anda bertambah berat, seperti makanan yang berlemak dan berminyak, makanan pedas, makanan yang berserat tinggi, dan produk olahan susu.
  • Minum air putih yang cukupSaat diare, yang terpenting adalah jaga agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Minumlah air putih yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang saat diare.

Jika diare Anda berlangsung lebih dari tiga hari, segera berkonsultasi dengan dokter. Karena dehidrasi yang terjadi saat hamil dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kelahiran prematur.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga : Ibu Hamil Trimester Akhir Sering Diare, Normalkah?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Diare pada Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.

12 Jul 2019, 15:23 WIB