Nyeri Belakang Telinga

Info Penanya, pria 17 Tahun

Malam dom, dok saya lg bingung banget sama kondisi badan saya sekarang aga takut juga soalnya baru pertama kali mengalami hal seperti ini. Jadi ceritanya 2 hari yg Lalu bagian telinga belakang sebelah kanan saya sakit nyut"an nyeri , saya biarkan ternyata tidak hilang esok hari nya pundak saya juga nyeri sama yg sebelah kanan , di lanjut dengan kepala bagian belakang sebelah kanan juga nyeri. Terus saya pake aplikasi untuk tanya dokter singkat cerita saya di kasih Resep Amoxcilin dan vitamin B complexs. Saya minum eh ternyata selang 2 jam pipi saya bengkak gitu yg sebelah kanan, saya takut binging akhirnya saya pergi ke kelinik di kasih obat , tapi belum memebaik sampai sekarang dan tangan saya yg sebelah kanan sekarang terasa nyut"an nyeri + wajah saya bengka yg kanan :( . Kira" saya kenapa ya dok?

14 Jul 2019, 22:48 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya seputar Sakit di Belakang Telinga menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terdapat beberapa hal yang ingin kami konfirmasi:

Adakah keluhan lain yang menyertai, seperti demam, keluar cairan dari telinga, daerah yang nyeri merah dan membengkak, gangguan pendengaran, telinga berdenging, dsb?Apakah pengobatan yang telah Anda lakukan untuk mengurangi nyerinya?

Sayang informasi yang anda berikan masih terbatas, namun kami menduga keluhan nyeri yang Anda rasakan pada daerah belakang telinga timbul akibat infeksi atau peradangan tulang mastoid yang terletak pada belakang telinga. Sumber infeksi mencapai tulang mastoid melalui telinga tengah sehingga tidak jarang juga disertai infeksi telinga tengah (otitis media). Jika terjadi peradangan pada daerah ini, anda akan mengalami nyeri saat menggerakkan kepala atau leher karena gerakan tersebut memicu kontraksi otot-otot di sekitar leher termasuk otot leher yang berada di belakang telinga sehingga menyebabkan nyeri.

Kami menyarankan Anda segera mengunjungi dokter spesialis THT untuk konsultasi lebih lanjut karena untuk masalah pada telinga harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

14 Jul 2019, 22:48 WIB