Apakah Alergi Dapat Sembuh?

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Asalammualaikum. Dok saya sering mengalami alergi dan setiap alergi kadang terasa sesak nafas, ruam dan gatal hampir diseluruh badan alergi yg selama ini saya ketahui termasuk seafood, parasetamol, dan obat diatas 500mg tpi tidak alergi dengan kerang. Kalo seafood cium baunya saja sudah alergi bagaimana cara pengobatan dan penanganannya dok? Apakah ada cara untuk sembuh total atau tidak memiliki alergi lagi?? Terimakasih sebelumnya

14 Jul 2019, 23:48 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya melalui fitur tanya dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan

Alergi merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahan-bahan tertentu yang disebut alergen. Alergen dapat berupa makanan, zat yang dihirup, atau berkontak dengan kulit.

Anak yang mengalami alergi dapat mengalami gejala-gejala tertentu saat terpapar bahan alergen.Kondisi alergi dapat menimbulkan berbagai gejala dari ringan hingga berat. Gejala tersebut antara lain gangguan pencernaan, ruam pada kulit, atau kelainan pada pernapasan.

Reaksi yang lebih berbahaya atau anafilaksis juga mungkin terjadi. Pada reaksi anafilaksis (reaksi alergi berat), si Kecil dapat mengalami penurunan tekanan darah yang tajam, sesak nafas, serta kehilangan kesadaran. Secara teori, alergi tidak dapat disembuhkan.

Tetapi kabar baiknya, gejala alergi dapat dikendalikan dengan menghindari paparan alergen. Apabila gejala sudah muncul, obat-obatan antialergi dapat digunakan untuk meringankannya. Reaksi alergi dapat dikurangi dengan menjaga daya tahan tubuh, rajin berolahraga dan beristirahat yang cukup, niscaya tubuh akan lebih kuat terhadap paparan alergen.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

14 Jul 2019, 23:48 WIB