Nyeri Dada Ibu Menyusui

Info Penanya, pria 28 Tahun

Dok, istri saya sedang menyusui dan tiba² dada bagian kiri sakit kalau tersentuh, kenapa ya dok?

15 Jul 2019, 00:04 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Nyeri dada pada ibu menyusui umumnya disebabkan oleh payudara yang nyeri dan bengkak (breast engorgement). Breast engorgement adalah kondisi ketika payudara terasa keras, bengkak, dan nyeri. Payudara bengkak umumnya terjadi tiga hingga lima hari pertama pasca persalinan di saat produksi ASI mulai meningkat tetapi bayi masih belajar menyusu. Hal ini kemudian membuat ASI tidak dapat dikeluarkan dengan optimal.

Cara mengatasinya adalah lakukan kompres dingin 20 menit sebelum menyusui untuk mengurangi nyeri, diikuti dengan kompres hangat serta pijat payudara beberapa saat sebelum menyusui untuk melancarkan aliran ASI.

Selain itu, menyusui bayi lebih sering atau memerah ASI secara rutin dapat membantu mengurangi risiko payudara bengkak. Bila ditangani dengan baik, umumnya pembengkakan payudara ini akan membaik dalam satu hingga dua hari.

Kondisi Mastitis dan abses payudara juga dapat menyebabkan nyeri di payudara. Mastitis dan abses payudara adalah dua kondisi ketika payudara mengalami peradangan. Hal ini berawal dari saluran ASI yang tersumbat, sehingga menyebabkan payudara bengkak dan terjadi proses infeksi. Tanda dan gejalanya, antara lain payudara tampak bengkak, merah, nyeri, teraba hangat, ibu mengalami demam tinggi hingga menggigil.

Pada kondisi yang lebih berat, infeksi bakteri dapat terjadi dan nanah berkumpul di bawah kulit sehingga timbul abses payudara. Bila mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter karena perlu penanganan khusus.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan . Semoga bermanfaat.

15 Jul 2019, 00:04 WIB