Timbul Flek Setelah Pemasangan IUD

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Beberapa minggu yang lalu saya pasang IUD tapi kemain gendong anak terus dan mengendarai motor jarak jauh muncul flek darah apakah itu wajar ?

15 Jul 2019, 07:39 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, penyesuaian siklus haid selama beberapa bulan pertama dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Namun demikian, apabila flek dirasakan dan timbul terus menerus sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan evaluasi lebih lanjut. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

15 Jul 2019, 07:39 WIB