Hidung Tersumbat Saat Cuaca Dingin

Selamat malam dokter saya mau tanya Saya punya reaksi berlebihan terhadap dingin, saya gak kuat ketika berada ditempat dingin, respon tubuh saya itu berlebihan, saya sering mengalami mata merah dan hidung jadi tersumbat karna dingin Apakah kasus saya ini termasuk salah satu gejala alergi terhadap suhu dingin atau gimana dok Terimakasih (untuk goldar saya cuma asal isi karna saya belum tau gordar saya)

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun17 Jul 2019, 10:24 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Dilihat dari keluhannya, kemungkinan Anda memang menderita alergi hidung atau disebut juga rinitis alergi. Gejala lain yang merupakan karakteristik penyakit ini termasuk bersin-bersin berulang, dan mata gatal berair. Proses alergi menyebabkan terjadinya pembengkakan konka nasi (selaput lendir hindung) sementara sehingga menimbulkan sumbatan aliran udara temporer.

Alergi tidak ada obatnya, dan hanya bisa diatasi dengan menghindari alergen. Kemungkinan alergen Anda adalah udara dingin. Untuk mengatasi udara dingin, sebaiknya Anda melakukan berbagai cara untuk mencegahnya, seperti menggunakan baju hangat jika keluar di malam hari atau udara dingin, dan menaikkan temperatur AC atau bahkan mematikannya menjelang pagi. Anda juga dapat mencoba minum air hangat tiap pagi.untuk mengatasi mengurangi gejala alergi biasanya diberikan antihistamin dan dekongestan.

Baca Juga

Semoga bermanfaat

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bintik di Paha

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Rhinitis atau Hidung Sensitif

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Seputar Alergi

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Alergi vs Gigitan Serangga

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Anak Dengan Alergi, Sinusitis dan Vaginitis

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

1 KOMENTAR

Avatar
Herman Herman
5 Bulan Lalu

halo dok cuaca dingin sering hidung tersumbat

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk