Alergi paracetamol

Mau tanya dok. Setiap saya minum obat paracetamol, saya sering mengalami biduran/urtikaria (saya juga tidak tahu apakah namanya benar atau tidak. Yg jelasnya timbul bentol-bentol di sekujur badan biasanya timbul di area lengan, dahi, kepala, punggung, paha. Ketika digaruk malah semakin membesar/menyebar) Apakah itu mmng efek samping dari obat paracetamol? Jika iya, apakah saya kena penyakit tertentu jika timbul efek samping seperti ini

Lihat Selengkapnya
pria, 18 Tahun18 Jul 2019, 11:19 WIB

dr. Nabila Viera Yovita

Dijawab oleh:

dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar alergi paracetamol menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Dari informasi yang anda berikan, sepertinya anda alergi akan paracetamol maupun obat paten lainnya yang mengandung paracetamol. 

Jika Anda mengalami alergi obat, maka sebaiknya Anda menghentikan semua obat-obatan anda terlebih dahulu lalu kembali melakukan kunjungan ke dokter yang menangani Anda untuk dilakukan proses challenge obat. Setelah gejala hilang, obat-obat tersebut dapat dicoba diberikan kembali dimulai dengan dosis yang kecil di bawah pengawasan dokter. Bila terdapat gejala flushing dan gatal dengan atau tanpa lesi (biasanya) di wajah yang tidak berat, gejala dapat hilang sendiri. Obat antihistamin dapat diberikan bila flushing dirasa mengganggu. 

Hal tersebut memnang baru dapat dipastikan setelah mendapatkan informasi lanjut dari wawancara medis, pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu kami menyarankan Anda menghentikan sementara pemberian semua obat dan kembali ke dokter Anda untuk memastikan apakah benar keluhan yang Anda alami merupakan reaksi simpang obat tersebut.

Baca Juga

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai alergi paracetamol. Semoga bermanfaat. Salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bintik Merah dan Gatal di Kulit

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Hidung Tersumbat Saat Cuaca Dingin

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Bintik di Paha

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Rhinitis atau Hidung Sensitif

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Seputar Alergi

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk