Hamilkah Jika Sperma Dikeluarkan di Luar Vagina?

Info Penanya, pria 30 Tahun

Hallo Dokter, waktu itu saya dan istri saya melakukan hubungan, kemudian tidak sengaja saya mengeluarkan sperma di punggun istri saya, akan tetapi kemudian sperma tersebut mengalir kebawah dan sempat menempel pada vagina istri saya, apakah hal tersebut bisa menyebabkan kehamilan? terima kasih dok

19 Jul 2019, 15:03 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Sperma Dikeluarkan di Luar Vagina melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Kehamilan akan terjadi jika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Hal tersebut terjadi jika dilakukan penetrasi (memasukkan penis ke dalam liang vagina). Kemungkinan hamil meningkat jika berhubungan saat masa subur. Pada saat berhubungan seksual sebelum mengeluarkan sperma, pria akan mengeluarkan cairan pra ejakulasi. Cairan pra ejakulasi memang tidak mengandung sperma. Namun, dapat membawa sperma yang tertinggal di sepanjang saluran pengeluaran ejakulat.

Mengeluarkan sperma di luar vagina tidak menyebabkan kehamilan. Namun jika ada setetes mani yang sempat masuk ke dalam vagina sebelum penis ditarik keluar, hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan jika sperma berhasil membuahi sel telur. Jika Anda ragu-ragu, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan mengenai kontrasepsi darurat yang dapat digunakan untuk pencegahan kehamilan.

Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack. Jika ragu Anda dapat membawa istri Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga :

7 Tips Sehat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan

Metode Paling Akurat untuk Menentukan Usia Kehamilan

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Sperma Dikeluarkan di Luar Vagina. Semoga bermanfaat.

19 Jul 2019, 15:03 WIB