Titik Hitam Di Mata

Info Penanya, wanita 43 Tahun

Mata serasa ada titik hitam seperti selaput kecil mengikuti arah bola mata...baru dua hari ini muncul, berbahaya kah? (sebelumnya saya pengguna softlens astigmatism) , mohon infonya...trims

19 Jul 2019, 15:03 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Titik Hitam Di Mata melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Bagian putih mata disebut dengan sklera. Sklera dilapisi oleh episklera di bagian luar, kemudian diikuti oleh konjungtiva di bagian terluar. Pigmen hitam di mata bisa muncul dari ke tiga lapisan ini. Dalam menegakkan diagnosis bintik hitam di mata perlu diperhatikan betul asal dari bintik tersebut, karena ketiga lapisan ini bisa menyebabkan hal serupa.

Melanoma adalah tumor yang berasal dari sel melanosit, yaitu sel yang menghasilkan pigmen melanin. Beberapa kondisi bisa menyebabkan pertambahan jumlah pigmen melanin ataupun pertambahan jumlah sel melanosit. Sehingga disamping melanoma, ada beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan keluhan serupa. Melanosis konjungtiva, atau seperti freckles pada kulit merupakan pertambahan jumlah pigmen melanin di konjungtiva. Keratosis, pertumbuhan sel seperti kutil berwarna hitam, serta infeksi jamur juga bisa menyebabkan hal serupa.

Beberapa kondisi berkaitan dengan melanosis, atau pertumbuhan jinak, yang biasanya sudah muncul sejak lahir. Sejak kapan keluhan Anda muncul?

Adanya bercak hitam di mata merupakan kondisi yang harus di evaluasi langsung oleh dokter. Dokter akan melakukan wawancara terkait perjalanan penyakit, keluhan yang menyertai, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang yang mungkin diperlukan. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis mata untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Titik Hitam Di Mata. Semoga bermanfaat.

19 Jul 2019, 15:03 WIB