Kontrasepsi Darurat

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Hai dok Saya mau tanya bulan juni Saya haid Tanggal 12 Dan Bulan juli ini belum sampai sekarang , Saya melakukan HB DENGAN suami Saya Tanggal 13 kemarin Dan Saya meminum pil anlitin, sama suami Saya sperma dimasukan Didalam, apakah dapat menyebabkan Kehamilan dok karna dimasukan didalam tapi saya minum anlitin , karna Saya ketemu suami sebulan Sekali

22 Jul 2019, 09:47 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Kontrasepsi Darurat melalui fitur Tanya Dokter

Kontrasepsi yang sering disebut sebagai “morning after pill’ ini tidak bekerja seefektif kontrasepsi pada umumnya yang dipakai rutin, namun akan lebih baik jika tidak memiliki perlindungan sama sekali. Angka kegagalan dari kontrasepsi darurat ini adalah 3%.

Kontrasepsi darurat terdiri dari pil kombinasi dosis tinggi, pil kombinasi dosis rendah, pil progesteron, pil estrogen, dan spiral.

Pil efektif jika digunakan dalam waktu 72 jam pasca sanggama. Pil ini tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi jangka panjang. Sementara itu, spiral masih efektif dalam waktu 7 hari pasca sanggama, namun tidak dapat digunakan untuk wanita yang mengalami infeksi kelamin dan organ kewanitaan.

Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan pil KB ini, yaitu mual, muntah,  flek-flek, nyeri perut, dan sakit kepala. Jika Anda muntah dalam 2 jam setelah meminum pil, Anda harus kembali meminum pil tersebut.

Kontrasepsi ini tidak dapat “menggagalkan” kehamilan yang sudah terjadi, namun hanya dapat berfungsi untuk mencegah sebelum kehamilan itu terjadi.

Untuk memastikan hamil atau tidaknya, Anda dapat melakukan testpack menggunakan urin pertama di pagi hari. Bila hasilnya negatif namun Anda tidak kunjung haid, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter kandungan agar dapat diperiksa langsung dengan lebih detail.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Kontrasepsi Darurat. Semoga bermanfaat.

22 Jul 2019, 09:47 WIB