kemungkinan terjadi kehamilan

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dokter, sy ingin bertanya.. Sy wanita usia 23 tahun 10 bulan. Tp sy belum siap utk hamil karena suami msh dinas diluar kota selama bberapa bulan. Setiap pulang kami berhubungan badan tp dikeluarkan diluar dgn maksud menunda kehamilan. Tp pada tgl 5 Juli sy berhubungan badan di akhir haid sy dan dikeluarkan di luar vagina, kemudian empat hari kemudian tgl 9 Juli sampai skrg seperti gejala akan mens sy merasa perut bawah nyeri dan sebelah kanan jg nyeri, kemudian keluar cairan licin tp bukan keputihan, kadang keputihan dan flek coklat juga. Perut terasa penuh atau kembung. Payudara agak kencang dan disentuh agak sakit. Apakah memungkinkan hamil dok? Kira kira ini karena apa ya dok? Dan apa yg harus sy lakukan. Terimakasih.

23 Jul 2019, 09:42 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut bawah dan keluhan setelah haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Ada beberapa hal yang kami perlu tanyakan terlebih dahulu. Apakah anda melakukan hubungan intim saat anda menstruasi atau setelah selesai siklus mesntruasi? apakah ada keluhan selain itu seperti demam, mual, muntah ?

Nyeri pada payudara  atau payudara terasa kencang bisa disebabkan karena pembesaran dari kelenjar susu pada payudara yang terjadi karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron saat siklus haid. Pada beberapa kasus, nyeri payudara dapat bertahan hingga perdarahan berhenti, tergantung dari penurunan hormon estrogen di tiap-tiap individu berbeda dan hal ini tidak berbahaya.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • Sering berkemih
  • Pembesaran dan nyeri pada payudara
  • Mual
  • Perasaan lelah
  • Daerah sekitar puting susu menghitam
  • Peningkatan suhu tubuh
  • Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim
  • Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan Anda terlambat haid 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika tidak ingin menggunakan testpack terlebih dahulu.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

23 Jul 2019, 09:42 WIB