OCD

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Halo Dok, saya mau nanya tentang OCD. Saya sering membaca artikel tentang OCD, dan saya mengalami hampir semua gejalanya, cuci tangan sampai berulang-ulang (saya biasanya takut untuk menyentuh sesuatu karena takut barang/benda itu ada kumannya, padahal menurut orang lain itu biasa saja), mengecek kompor-pintu-colokan listrik bahkan bisa lebih dari 5 kali setiap saya ingin meninggalkan rumah ataupun saat saya ingin tidur di malam hari. Jika saya tidak melakukan hal-hal itu biasanya saya akan terus merasa cemas dan terus memikirkannya. Saya juga merasa harus menyusun barang-barang secara simetris ataupun sesuai warna, mengumpulkan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak berguna tapi terkadang saya takut bagaimana jika nantinya barang itu akan berguna. Tapi yang paling aku rasakan tiap hari adalah tipe Checkers. Apakah ini sudah sangat serius? Apakah saya harus ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan ?

23 Jul 2019, 10:33 WIB
dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
dijawab oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar OCD dan tipe Checker melalui fitur Tanya Dokter.

OCD merupakan sebuah gangguan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku yang bersifat kompulsif. Gangguan psikologis ini ditandai dengan pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi) yang dapat menyebabkan perilaku repetitif (kompulsif), misalnya merasa harus memeriksa pintu dan jendela lebih dari 3 kali sebelum keluar rumah, ataupun memastikan keadaan kompor tidak menyala secara berulang-ulang.

Tipe OCD ada beberapa macam, salah satunya yaitu Checking atau Checker adalah sebuah ketakutan irasional atau pelakunya, yang membuat seseorang merasa terobsesi untuk selalu memeriksa. Penderita OCD kategori ini, akan selalu merasa cemas dan mengantisipasi terjadinya hal buruk dengan melakukan pemeriksaan secara berulang-ulang. Misalnya, ketakutan terjadinya kebakaran sehingga memeriksa kompor secara berulang-ulang sebelum meninggalkan rumah.

Kelainan OCD merupakan kelainan kejiwaan yang tidak berbahaya. Namun, anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan (Psikiater) tentang keluhan anda, jika kelainan tersebut sudah sangat mengganggu dan berpeluang akan menurunkan kualitas hidup serta produktivitas anda.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

23 Jul 2019, 10:33 WIB