Batuk Berdarah

Info Penanya, pria 45 Tahun

Maaf dok, apakh dikolom ini saya boleh minta obat yang harus saya beli diapotik: Berhubung dahak saya terdapat bercak darah tanpa batuk, led saya negatif, sy pernah di rontgen dan hasil radiologi : - Cor tdk membesar Sinus kanan berselubung, sinus kiri dan diafragma normal -pulmo : hilli normal Corakan bronkovaskuler normal Tampak perselubungan opak inhomogen di apex-lapang atas kanan Tampak bercak lunak dilapang tengah kanan dan kiri Kesan :gambaran pneumoni kanan DD/atelektasis disertai infiltrat di lapang tengah kedua paru curiga ec.KP aktif (lab)? Efusi pleura kanan Tidak tampak kardio megali Saya mohon resep obat yg manjur, dok. Terima kasih.

24 Jul 2019, 09:45 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). 

Dahak biasanya diproduksi oleh tubuh misalnya ada infeksi, ada alergi, ada penggunaan berlebih dari suara, dsb. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya. Yang Anda katakan dahak disertai darah itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Bila ada sedikit darah bisa disebabkan oleh adanya cedera saluran pernafasan, bila darah yang cukup banyak bisa disebabkan oleh beberapa penyakit saluran pernafasan seperti tuberkulosis, kanker paru-paru, bornkitis, dan banyak lagi. 

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dahak yang bercampur dengan darah yang sedikit  kemungkinan besar disebabkan adanya lecet di saluran pernafasan akibat pengeluaran dahak yang terlalu keras dan dicampur dengan adanya infeksi. 

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca terkait batuk berdahak:

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Sebab untuk kasus Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan juga pemeriksaan penunjang. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

24 Jul 2019, 09:45 WIB