Nyeri di Tulang Ekor

Info Penanya, pria 26 Tahun

Saya mau konsultasi, apakah sebenarnya teridap penyakit ataukah hanya sekedar cedera ? yakni bagian dekat tulang ekor saya terasa sakit kalau duduk lama, padahal dulu tidak pernah seperti itu. Sedangkan kalau untuk BAB masih normal aja. Tapi, saya yakin kalau penyebab rasa sakit karena saya memakai celana terlalu ketat selama bberapa jam saat perjalanan jauh dan saya sudah mengalami rasa sakit ini sejak Januari 2019 lalu. Mohon solusiya, Dokter. Terima kasih.

24 Jul 2019, 10:20 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri tulang ekor melalui Tanya Dokter.

Perlu dikaji ulang disini apakah nyeri yang Anda rasakan memang berasal dari tulang ataukah dari otot atau saraf yang terdapat di sekitar daerah tersebut.

Sayang sekali Anda tidak menyertakan data lengkap mengenai riwayat Anda, apakah nyeri terjadi terus menerus atau pada waktu tertentu, adakah riwayat terjatuh sebelumnya, dimanakah posisi tepatnya nyeri ini dan apakah nyeri menjalar, adakah gejala kesemutan, adakah keluhan pada kedua belah kaki (kesemutan, kelemahan), apakah kerja Anda, apakah Anda sering membawa benda berat, dan berbagai informasi lainnya yang dapat membantu analisis kami.

Dengan data yang Anda berikan, kami hanya dapat mengatakan bahwa kemungkinan penyebab sakit tersebut dapat berasal dari otot, tulang, atau saraf. Penyebabnya belum dapat kami katakan karena tidak adanya data, namun mungkin saja dari riwayat terjatuh, posisi duduk tidak anatomis, HNP (hernia nukleus pulposus), kejang otot, dan banyak lagi.

Apabila keluhan berlanjut kami sarankan untuk berobat langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Mungkin Anda membutuhkan pemeriksaan tambahan seperti roentgen tulang belakang.

Demikian informasi kami sampaikan seputar nyeri tulang ekor, semoga bermanfaat.

24 Jul 2019, 10:20 WIB