Penyakit ADEM

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Saya ingin menanyakan mengenai penyakiit ADEM. Apabila pasca terkena ADEM dan mengalami kelumpuhan kaki, apakah dapat kembali berjalan dengan normal? ataukah ada batasannya?

25 Jul 2019, 13:52 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit ADEM (Acute Disseminated Encephalomyelitis) termasuk dalam kategori Penyakit autoimun, yang timbul akibat respon kekebalan terlalu aktif dari tubuh terhadap zat dan jaringan yang hadir dalam tubuh. Dengan kata lain, tubuh justru menyerang sel sendiri. Kesalahan sistem kekebalan beberapa bagian dari tubuh sebagai penyerang dalam serangan itu. Hal ini dapat terbatas pada organ tertentu atau menyerang seluruh sistem tubuh.

Encephalomyelitis akut diseminata (ADEM) ditandai dengan serangan singkat namun terus-menerus peradangan di otak dan sumsum tulang belakang yang merusak mielin (pelindung yang menutupi serabut saraf). Ini sering terjadi pada infeksi virus, atau yang jarang terjadi, pasca vaksinasi untuk campak, gondok, atau rubela. Gejala-gejala ADEM datang dengan cepat, dimulai dengan gejala seperti ensefalitis (demam, kelelahan, mual sakit kepala, dan muntah, dan dalam kasus yang parah, kejang dan koma). Pada penyakit ini juga terjadi kerusakan pada jaringan otak yang menyebabkan gejala neurologis seperti kehilangan penglihatan (karena peradangan pada saraf optik/penglihatan) pada satu atau kedua mata, kelemahan bahkan sampai ke titik kelumpuhan, dan kesulitan koordinasi gerakan otot (seperti yang digunakan dalam berjalan). 

Mengenai prognosis kelumpuhan akibat ADEM, sesungguhnya bervariasi tergantung kasus. Asal terapi kortikosteroid dimulai secepatnya, maka pemulihan dapat berjalan cepat pada sebagian besar kasus. Jangan lupa untuk rutin kontrol pada dokter yang menangani, mengingat dibutuhkan pengaturan dosis obat autoimun secara ketat ditambah latihan fisik (fisioterapi) yang memadai demi pemulihan yang baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

25 Jul 2019, 13:52 WIB