Masih Mengantuk Padahal Tidur Cukup

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Halo, Dok. Saya tidur cukup antara 6-8 jam sehari, tapi kenapa badan saya selalu lemas dan tidak fresh ketika bangun tidur, ya? Apabila saya merasa kelelahan dan mengantuk ketika sedang di kelas, saya selalu menyalahkan jam tidur saya. Saya selalu merasa kurang tidur padahal saya tidur cukup. Apa saya punya indikasi penyakit yang terkait dengan tidur saya? Saya juga mudah lelah dan terkadang berkeringat berlebih padahal suhu ruangan normal. Kantuk berlebih yang saya alami mengganggu jam belajar saya, sehingga apabila ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, kadang saya lebih memilih kebutuhan tidur daripada mengerjakan pekerjaan tersebut. Semoga bisa terjawab, Terima Kasih, Dok.

25 Jul 2019, 13:52 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami mungkin berhubungan dengan insomnia. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, yakni faktor psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk.

Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisik tertentu yang memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat  sehingga membuat kondisi fisik senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari.

Namun demikian, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah:

1.    Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari.

2.    Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, narkotik.

3.    Cobalah mengatur pola tidur.

4.    Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.

5.    Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur.

6.    Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb. Tidur di ruangan gelap lebih baik daripada ruangan terang.

7.    Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter.

8.    Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur.

9.    Relaksasi.

10.  Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.

11.  Berpikir positif.

12.  Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

 

Bila tips di atas tidak membantu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

25 Jul 2019, 13:52 WIB