Badan Lemas dan Sering Tidur

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Hallo dok.. Ibu saya umur 65th didiagnosa jantung bengkak akibat hipertensi.. Kemaren dikasih dokter onat hipertensi dan saat bbrapa hari diminum badannya jadiblemas dok, dan darahnyabturun drastis.. Yg awalnya 200 trun jadi 160, trun lagi 135 dan kemaren trakhir cuma 115/65.. Badannya katanya lemas dan sekarang sering bgt tidur dok.. Apakah ada penyakit lain? Jika obat hipertensi nya dihentikan apakah boleh?

25 Jul 2019, 13:52 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bila tekanan darah 115/65 sesungguhnya masih tergolong tekanan darah normal. Namun, bila ibu Anda memiliki keluhan badan lemas, beberapa penyebab berikut perlu sekali untuk dicari tahu: 

1. Dehidrasi (kekurangan cairan) dan syok hipovolemik (penurunan tekanan darah akibat kurang cairan)

Komponen terbesar dalam tubuh manusia adalah air. Bila tubuh kekurangan cairan, maka akan mengalami dehidrasi. Pada kondisi kekurangan cairan yang sangat berat, bisa menyebabkan penurunan tekanan darah. Kondisi yang dapat menyebabkan dehidrasi, antara lain muntah, diare, infeksi virus demam berdarah, dan penyakit infeksi lainnya.

2. Hipoglikemia (kekurangan gula dalam darah)

Hipoglikemia berat adalah kondisi ketika gula darah sangat sedikit. Hal ini terutama terjadi pada penderita diabetes dan kekurangan zat gizi. Salah satu tanda awal dari hipoglikemia adalah badan lemas, dan bila tidak ditangani dengan tepat dan cepat dapat berakibat fatal.

3. Strok

Banyak yang mengira gejala utama strok adalah sakit kepala hebat. Padahal, badan lemas juga bisa jadi salah satu gejala awal dari strok, terutama strok yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Selain badan lemas, biasanya pasien juga mengalami kelemahan tubuh dan perubahan cara berbicara.

4. Serangan jantung 

Tak hanya nyeri dada, badan lemas pun bisa menjadi salah satu tanda awal serangan jantung. Hal ini terutama dialami oleh pasien usia lanjut (> 65 tahun) dan penderita tekanan darah tinggi atau penyakit gula.

5. Gangguan keseimbangan elektrolit

Mereka yang mengalami gangguan keseimbangan elektrolit akibat muntah-muntah atau diare, dapat mengalami gejala badan lemas. Bila gangguan elektrolit sangat berat, bisa menyebabkan pingsan dan hilang kesadaran.

 

Kelima penyakit di atas adalah jenis kondisi yang bisa mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cukup. Untuk mengetahui mana yang dialami oleh ibu Anda, ada baiknya untuk diperiksakan pada dokter segera. Apalagi jika kondisi lemas dan sering tidur tersebut menyebabkan ibu Anda kekurangan asupan cairan dan asupan makanan, bisa terjadi penyebab nomer 1 dan nomer 2.

Untuk itu, kami sarankan agar ibu Anda segera diperiksakan ke dokter agar mencegah penyakit yang tidak diharapkan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

25 Jul 2019, 13:52 WIB