Penyembuhan Luka Operasi

Info Penanya, pria 23 Tahun

Selamat malam dok , saya ingin bertanya , 2 Minggu lalu paha saya terkena celurit dan sobek yang harus dilakukan operasi , dan 2 hari lalu jahitan saya sudah dilepas tetapi rasa seperti kesemutan dibawah luka jahitan masih terasa dan terasa sakit kaku kencang pada luka sehingga sulit untuk ditekuk .apakah ini wajar

25 Jul 2019, 13:53 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyembuhan luka melalui fitur Tanya Dokter. 

rasa kesemumtan yang terjadi bawah luka jahitan kemungkinan menandakan proses penyembuhan terhadap iritasi saraf yang terjadi pada proses luka dan operasi. Mengenai keluhan sulit menekuk, perlu diperiksa lebih lanjut, apakah masalahnya ada pada gangguan otot, saraf, atau akibat nyeri dari bekas luka. Masing-masing perlu diketahui dengan detil untuk menentukan penanganan yang diperlukan, misalnya apakah perlu obat antinyeri saja atau sudah memerlukan fisioterapi.

Selain itu, untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka (jangan biarkan area luka teregang berlebihan saat Anda beraktivitas), dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Apakah luka Anda saat ini dalam keadaan kering pasca dibuka jahitannnya? Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. 

Lalu, yang paling penting adalah untuk berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menentukan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

25 Jul 2019, 13:53 WIB