Seputar URS dan DJ Stent

Info Penanya, wanita 49 Tahun

Selamat Sore Dok, mau tanya jika suami saya sudah selesai menjalani operasi URS atau tembak batu yang ada di ureter hari Rabu tgl 17 July 2019 lalu sebelumnya di periksa oleh Dr. Urology setelah di USG tidak terlihat adanya batu tapi ginjalnya bengkak, dokter menyarankan untuk lansung URS saja dan saat ini sudah di pasang Dj stent yang menurut dokter urology harus terpasang selama 1 bulan, tolong infonya karena dokter urology nya kurang kooperatif jadi saya menanyakan disini, sampai saat ini suami saya terus merasakan nyeri di bawah perut sebelah kiri, belakang pinggang sampai pangkal paha belakang dan bokong belakang, BAK nya sakit dan urine nya berwarna merah, selepas dari rumah sakit hanya di berikan obat pereda rasa sakit yaitu Diglogenac sodium, yang saya mau tanyakan adalah : 1. Kenapa pasca operasi setelah di pasang Dj stent suami saya kesakitan dan urine nya tetap berwarna merah 2. Dokter mengatakan Dj stent harus terpasang selama 1 bulan, jika suami saya sudah tidak kuat menahan sakit apakah selang tersebut boleh diangkat sebelum 1 bulan, jika boleh apakah akan ada komplikasi yang lain karena selang tersebut terpasang belum satu bulan? 3. Apakah ada obat antibiotic atau pereda rasa sakit yang lain untuk suami saya agar proses kesembuhan nya cepat dan tidak merasakan sakit nya lagi 4. Apakah selama selang berada di dalam tubuh suami saya boleh minum vitamin karena begitu banyak darah yang keluar Tolong infonya ya dok, terima kasih banyak untuk bantuan nya Fransine

26 Jul 2019, 10:38 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Pemasangan stent (double J ureteral stent/DJ stent) dilakukan agar aliran urin dari ginjal ke kandung kemih tetap lancar, dan pembengkakan ginjal berkurang. Dengan demikian, sumbatan akan berkurang.

Tidak ada batasan khusus berapa lama stent tersebut harus dipasang. Selama masih dibutuhkan, stent akan tetap terpasang, hingga sumbatan benar-benar hilang. 

Pada sebagian besar kasus, stent hanya dibutuhkan untuk sementara waktu, beberapa minggu atau beberapa bulan. Stent dapat dipasang hingga 3 bulan sebelum akhirnya perlu diganti. Bila penyebab sumbatan bukan batu ginjal, stent akan terpasang lebih lama lagi. Ada pula stent khusus, yang memang dimaksudkan untuk jangka panjang.

1. Perlu diketahui komplikasi dari URS dan pemasangan DJ Stent dapat menyebabkan cedera atau perlukaan pada saluran kemih, striktur pada saluran kemih (penyempitan), kencing berdarah. untuk keluhan kencing berdarah umumnya dapat terjadi beberapa waktu setelah operasi, tetapi jika berlangsung terus menerus dan bertambah banyak perlu follow up / tindak lanjut untuk mengetahui sumber perdarahan.

2. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa DJ Stent hanya bersifat sementara waktu dan berguna untuk membantu memperlancar aliran urin agar tetap lancar. Kondisi setiap orang berbeda - beda, tetapi jika ingin melepas DJ Stent sebelum waktunya kemungkinan untuk mengalami susah berkemih dan ginjal bengkak dapat terjadi sewaktu - waktu.

3. Adanya alat DJ Stent pada tubuh tentu akan membuat tubuh merasakan seperti adanya benda asing dan pasti terasa nyeri. Jika nyeri, mengkonsumsi obat anti nyeri seperti natrium diclofenact, asam mefenamat bisa digunakan. Pertimbangan pemberian antibiotik diberikan apabila ada bukti infeksi di saluran kemih maupun ada bukti perlukaan di saluran kemih yang sudah terkonfirmasi dengan pemeriksaan ulang.

4. Tidak ada pantangan makanan dan minuman dalam proses pemulihan. Perbanyak makan sayuran, buah, sumber protein hewani/nabati untuk mempercepat penyembuhan. Mengkonsumsi multivitamin diperbolehkan untuk menambah daya tahan tubuh, terutama tablet zat besi untuk menghindari terjadinya anemia/ kurang darah. 

Kami tetap menyarankan untuk membawa kontrol ulang apabila keluhan yang dirasa suami Anda tidak membaik kepada dokter spesialis urologi yang sudah melakukan URS dan pemasangan DJ Stent.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

26 Jul 2019, 10:38 WIB