Ereksi Spontan, Normalkah?

Info Penanya, pria 24 Tahun

pagi dok, saya laki2 umur 24th. saya mau nanya seputar masalah kelamin. gini dok, setiap malam saya tidur normal seperti biasa. terus terkadang terbangun gelisah dalam keadaan penis ereksi sewaktu kebangun. lalu saya lanjutin lagi tidur seperti biasa. nah setelah bangun paginya saya mau mandi dan ngeliat di cd sama dibagian kepala penis ada bekas sperma yg mengering. padahal saya ga melakukan apa2 malam itu dok saya lanjutin tidur seperti biasa aja. kejadianya dalam satu minggu ini udah 3 kali dan empat kali di malam tadi. nah yg saya ingin tanyakan apakah saya mengalami gangguan pada kelamin atau wajar2 saja. soalnya begini dok saya kan muslim setiap ada air sperma yg keluar wajib utk mandi wajib keramas dll. nah saya paling anti untuk namanya basahin kepala dok. dan terkadang disiang haripun ereksi tanpa sebab.

26 Jul 2019, 13:04 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar ereksi spontan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Ereksi spontan merupakan hal yang normal dan wajar terjadi pada pria remaja maupun dewasa. Ereksi yang terjadi pada saat tidur, yang umumnya disadari oleh pria pada pagi hari, disebut sebagai Nocturnal Penile Tumescence (NPT). Kondisi ini merupakan pertanda bahwa penis memiliki aliran darah dan sistem persarafan yang baik.

Berikut ini merupakan artikel yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan mengenai ereksi spontan :

Jika Anda merasa terganggu dengan kondisi ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi atau urologi yang ada di fasilitas kesehatan terdekat.

Demikian informasi yang dapat diberikan

Salam,

26 Jul 2019, 13:04 WIB