Tulang Patah Karena Diinjak?

Info Penanya, pria 40 Tahun

Malam ini sy kecapekan...sy minta anak sy yg SMP untuk injak injak badan saya..anak sy berat sekitar 50 kg...seperti biasa dia injak injak di pingung dan sy posisi tengkurap...namun pas dia injak punggung yg di bagian depan tulang rusuk kiri..tiba tiba ada bunyi "kletak"dan sy dengar dan kedua anak sy juga dengar bunyi itu di dua rusuk kiri paling bawah sy...kejadian sejam lalu dan skr terasa nyeri saat gerak ato geser posisi tidur

30 Jul 2019, 09:17 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang Patah Tulang melalui fitur Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bila memang terdengar jelas bunyi adanya patah, maka mungkin saja itu benar kondisi patah tulang. Meskipun kejadian patah tulang cukup jarang terjadi akibat proses diinjak ketika memijat, namun hal tersebut tetap mungkin terjadi. Apalagi bila sebelumnya sudah ada faktor risiko misalnya kepadatan tulang yang berkurang, misalnya kurang asupan kalsium pada makanan. 

Bila memang Anda merasakan nyeri ketika bergerak dan pindah posisi, semakin perlu dicurigai bahwa telah terjadi patah tulang. Segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah benar terjadi patah tulang. Akan dilakukan pemeriksaan rontgen tulang dada untuk memastikannya.

Lama penyembuhan patah tulang biasanya 6-12 bulan. Namun, secara keseluruhan waktu penyembuhannya bervariasi bergantung pada jenis patah tulang (terbuka atau tertutup), jenis fraktur, lokasi patah tulang, derajat kerusakan dan pendarahannya.

Proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

30 Jul 2019, 09:17 WIB