Efek Obat Psikotropika

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dok sya mau bertanya soal obat yg diberikan oleh dokter psikiater yg sya kunjungi ada dua macam obat yg diberikan pada saya yg pertama obat berbentuk kapsul hijau putih dan obat biasa berwarna orange yg bertuliskan mf di obat itu . Tapi efek dri meminum obat itu sya sllu terbawa mimpi setiap kali saya tdr dan bahkan sya sllu merasa mengantuk . Sebelumnya sya jga sdh bertanya pada dokter Beliau berkata sya terkena gangguan kecemasan dan bsa cenderung depresi . Selain itu setiap kali sya merasa tertekan dan banyak masalah sya akan berteriak menangis dan tertawa secara bersamaan . Dri cerita sya itu dok kira" bagaimana solusi untuk sya krna sbelumnya sya sdh pergi ke psikiater dan dokter hnya memberikan saya obat.

29 Jul 2019, 09:23 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami akan coba menjawab pertanyaan Anda. 

Calmlet, Alprazolam adalah obat golongan benzodiazepine, merupakan obat untuk gangguan panik yang biasa disalahgunakan masyarakat sebagai obat penenang. Efek samping jangka pendek obat-obat psikotropika dalam segi kesehatan adalah menurunkan aktivitas susunan saraf pusat, mengurangi kemampuan darah dalam menyimoan oksigen, kesulitan bernafas, penurunan daya ingat, masalah kulit, jantung berebar, gelisah dan menimbulkan kelainan mental dan perilaku seperti timbulnya halusinasi, gangguan ilusi, gangguan cara berpikir dan efek ketergantungan,  Sedangkan efek samping jangka panjang adalah kanker, gigi rapuh, tekanan darah meningkat, kematian. 

Sedangkan dampak sosial penggunaan psikotropika adalah tidak percaya diri, sulit mengendalikan diri, tidak nyambung saat berbicara, berdiam diri. Dan dampak ekonomi nya adalah masalah keuangan. 

Kami sarankan agar Anda menjauhi obat-obat psikotropika tersebut, karena selain banyak sekali dampak negatif yang akan terjadi, masa depan Anda akan terancam, banyak hal positif yang dapat dilakukan selain menggunakan obat tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

29 Jul 2019, 09:23 WIB